Kamis, 28 November 2013

Jobs Description di PT KITA

PT Kita merupakan perusahaan distributor penjual perangkat komputer. Perusahaan ini dipimpin oleh seorang CEO (Cief Executive Officer) yang bernama Shifu. Berikut adalah struktur departemen yang ada di PT Kita :




DEPARTEMEN ACCOUNTING DAN FINANCE
Departemen  accounting dan finance adalah bagian yang merencanakan, mengembangkan, dan mengontrol fungsi keuangan dan akuntansi di perusahaan dalam memberikan informasi keuangan secara komprehensif  dan tepat waktu untuk membantu perusahaan dalam proses pengambilan keputusanyang mendukung pencapaian target financial.
Departemen Acconting dan finance terdiri dari bebera struktur yaitu :
1.    Manager
2.       Accounting Section Head
3.    Finace Section Head
4.    Account Receivable
5.    Account Payable
6.    Cost Accounting
7.    Cashier
Pada pembahan kali ini akan dibahas JOBS DESCRIPTION dari ACCOUND PAYABLE
Tujuan Jabatan:
Bertanggung jawab untuk mempersiapkan seluruh dokumentasi yang berhubungandengan Account Payable yang mencakup invoice, laporan perpajakan, prepaid

expenses dan accrual dan balance sheet reconciliation untuk memastikan bahwaseluruh dokumen tersebut dilaporkan dengan akurat dan tepat waktu.

Tanggung Jawab Utama:
ü  Melakukan pemeriksaan terhadap invoice - invoice yang diterima untukmemastikan kelengkapan dan kebenarannya.
ü  Melakukan input terhadap transaksi – transaksi perpajakan kedalam e-SPTuntuk memastikan bahwa seluruh laporan telah diserahkan dengan akuratdan tepat waktu.
ü  Mempersiapkan laporan pajak secara berkala, prepaid expenses, accrual andbalance sheet reconciliation untuk memastikan bahwa seluruh laporan telahdisusun dengan akurat dan tepat waktu.
ü  Berkoordinasi dengan supplier untuk masalah kelengkapan dokumentasipenagihan untuk memastikan bahwa setiap penagihan telah benar.

Indikator:
Akurasi Data, Ketepatan laporan pajak, Tingkat AP, Ketepatan waktu penyampaianlaporan

Berikut Skema Proses Pembayaran Tagihan dari Vendor :


Untuk File Word dan PDF dan Simulasi Bizagi silahkan dilihat disini :

  

Rabu, 20 November 2013

INSTALASI ADempiere



ADempiere adalah aplikasi berbasis JAVA platform yang dapat digunakan diberbagai sistem operasi. 
Untuk meng-instal aplikais tersebut maka perlu dilakukan tahapan-tahapan instalasi sebagai berikut :

1) Lakukan instalasi JAVA, baik itu Java Development Kit (JDK) dan juga Java Runtime Environment (JRE)
2) Lakukan instalasi PostgreSQL, sebagai Enterprise database.
3) Lakukan setup environment untuk JAVA dan juga PostgreSQL
4) Lakukan setup database dan masukkan login roles yang sesuai
5) Instal aplikasi ADempiere melalui command prompt dan masukkan parameter yang sesuai hingga muncul jendela koneksi dan login ADempiere, bila semua parameter check tepat maka instalasi berhasil dan aplikasi ADempiere segera dapat dijalankan.

Untuk tahap-tahap dalam melakukan instalasi secara lebih jelas bisa dilihat pada attached file:

Silakan dicoba....

Kamis, 31 Oktober 2013

Bizagi Software


dalam tugas kedua dari mata kuliah ERP system, kali ini mengeni Software Bizagi. Software yang bisa di digunakan untuk membuat design process atau alur process. Software ini mirip dengan Mc. visio, namun dengan tampilan yg simple dan mudah di gunakan.

Berikut adalah tampilan dari Software Bizagi :




BlueBerry FlashBack Express Recorder

Berikut adalah tugas kedua mata kuliah ERP system mengenai Blueberry Software.
Contoh screen shoot dari Software BB Express Recorder:

BlueBerry FlashBack Express Recorder atau yang biasa disebut dengan BB FlashBack Express Recorder adalah software gratis yang juga dapat merekam desktop. Selain merekam desktop, kamu juga bisa langsung mengeditnya lewat software ini. Ada juga fitur merekam webcam yang memudahkan kamu bila kamu membuat video tutorial. Setelah kamu selesai mengedit hasil video rekaman, kamu dapat mengexportnya ke format AVI. Kamu juga bisa langsung mengupload hasil rekaman ke YouTube, Blip.tv, viddler, dan Revver. Unruk mendownload software ini kamu harus memasukkan alamat email terlebih dahulu, barulah link download akan dikirim ke email kamu. Software ini akan berupa trial selama 30 hari jika kamu tidak mendaftar diri ke BlueBerry, tetapi tenang saja karena mendaftarnyapun gratis tidak ditarik biaya.

Kamis, 24 Oktober 2013

Overview of Oracle Landed Cost Management (Capture 6)

Oracle Landed Cost Management ( LCM ) merupakan bagian dari Oracle E-Business Suite.  Aplikasi ini berbasis web . dengan menggunakan LCM , kita dapat menghitung estimasi biaya dan biaya aktual untuk setiap barang . Biaya yang bervariasi dipengaruhi oleh beberapa faktor, antara lain :
• Biaya Transportasi
• Biaya Pengangkutan
• Biaya pelabuhan
• Biaya kelebihan waktu saat berlabuh
• Setoran kontainer dan asuransi , dan sebagainya
Dalam bab ini ,akan menjelaskan tata cara penggunan aplikasi Landed Cost Management.
Fungsi dari Oracle LCM Sebagai Berikut:
Fungsionalitas kunci Oracle LCM adalah sebagai berikut :
• Dengan Oracle Landed Manajemen Biaya,  kita akan memperoleh biaya aktual dan estimasi biaya dari barang yang berbeda  menggunakan satuan berat , jumlah, dan volume .
• Hal tersebut dipengaruhi oleh system pengadaan barang (Purchasing) , Harga, Biaya, dan Hutang ,sehingga kita dapat memperoleh  estimasi biaya dan biaya aktual.
• Setiap biaya dipengaruhi oleh beberapa faktor. Dimana faktor-faktor ini pada akhirnya membangun estimasi biaya. Kita dapat menggunakan factor-faktor tersebut untuk mencapai biaya sesuai keinginan.
Proses inisiasi untuk membuat pemesanan barang berkaitan dengan biaya yang dikeluarkan. Pilihan yang sesuai dengan pesanan akan diterima namun jika tidak sesuai maka tidak dapat digunakan sebagai infentaris sebuah perusahaan menurut LCM.. Setelah pesanan pembelian disetujui  kita dapat mencari pesanan pembelian dalam modul LCM . Kita dapat membuat pengiriman atas pemesanan barang yang telah dipilih sebelumnya. Selanjutnya, perkiraan biaya terhadap faktor biaya akan dimasukkan. Setelah memasukkan biaya, akan tervalidasi dan terkirim.
Setelah memberikan perkiraan biaya, barang persediaan yang diterima dapat menggunakan estimasi biaya baru. Namun setelah faktur pesanan yang sebenarnya diterima, akan dicocokkan antara faktur pengiriman menggunakan biaya estimasi dan biaya aktual.
Proses untuk Oracle Landed Cost Management ditunjukkan pada gambar berikut :

                                  

Gambar 1. Alur Landed Cost Management